SD Mugeb Raih Juara Stan Terunik GinoFest 2021

SD Mugeb meraih predikat Stan Terunik dalam Gresik Innovation Festival (GinoFest) 2021 yang diselenggarakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda), Sabtu-Ahad (21-22/11/21).
Wakil Bupati Gresik Hj Aminatun Habibah  menyerahkan penghargaan stan terunik kepada kepala SD Mugeb, M Nor Qomari SSi. SD Mugeb Raih Juara Stan Terunik GinoFest 2021(Istimewa/PWMU.CO)

PWMU.CO – SD Mugeb raih juara Stan Terunik dalam Gresik Innovation Festival (GinoFest) 2021 yang diselenggarakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian, dan Pengembangan (Bappeda) Gresik, Sabtu-Ahad (21-22/11/21).

Kepala SD Muhammadiyah 1 GKB (Mugeb) Gresik M Nor Qomari SSi mengatakan ide konsep terinspirasi dari Iconic Cafe di Yogyakarta yaitu stan didesain menyerupai kapal luar angkasa dengan nama Iconic SD Mugeb.

“Dengan desain ini pengunjung seolah diajak terbang ke luar angkasa,” ujarnya.

Dia memaparkan saat kunjungan kerja ke Yogyakarta mampir ke Iconic Gelato. Desainnya menarik dan menginspirasi untuk kami diterapkan di stan SD Mugeb.

Produk Unggulan

M Nor Qomari menjelaskan produk yang dipamerkan dalam ajang ini merupakan kolaborasi antara teknologi tepat guna dan local wisdom (kearifan lokal) Gresik.

“Teknologi tepat guna yang ditampilkan antara lain alat pemberi makan ikan otomatis, Bombastis (alat penyiram tanaman otomatis), dan jus juwet,” paparnya.

Dia mengungkapkan ide membuat alat pemberi makan ikan otomatis memiliki alasan khusus. Ini dilatarbelakangi potensi perikanan yang ada di Gresik. Diharapkan ini menjadi solusi budidaya ikan secara modern.

Untuk Bombastis, lanjutnya, alat penyiram tanaman otomatis menggunakan coding dalam cara kerjanya. Penyiram tanaman otomatis ini akan menyiram tanaman secara otomatis dengan adanya sensor pendeteksi tanah kering.

Ekowisata Sekolah

M Nor Qomari menjelaskan dalam stan juga memamerkan produk khasnya yaitu jus juwet yang merupakan hasil panen di ekowisata sekolah.

“Juwet sudah semakin langka namun ada pohon yang telah berbuah di sekolah. Coba kita lestarikan agar lebih bisa jaga kelestariannya dengan memberikan nilai ekonomi lebih dan bermanfaat untuk banyak orang,” tuturnya.

Selain itu, sambungnya, alat pemberi makan ikan otomatis juga menyita perhatian pengunjung. Pemberi makan ikan otomatis dan penyiram tanaman otomatis ini merupakan inovasi teknologi yang sangat disukai oleh para traveller tanpa takut meninggalkan tanaman dan hewan peliharaannya di rumah saat bepergian jauh.

Rumah Literasi Mataseger

Selain menampilkan karya inovasi, di stan SD Mugeb juga menyediakan permainan ketangkasan bernama Buzz Wire Fire. Kris Adji, pemilik Rumah Literasi Mataseger, berkesempatan mencoba permainan ini.

“Bagus konsepnya, menarik,” katanya. (*)

Penulis Ariesa Restianti Binawati dan Mar’atus Sholichah. Co-Editor Ichwan Arif. Editor Mohammad Nurfatoni.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *