Di SD Mugeb Hizbul Wathan Jadi Intrakurikuler

Siswa siswa SD Mugeb pratik Semaphore (Irma/PWMU.CO)

PWMU.CO – Di SD Mugeb Hizbul Wathan Jadi Intrakurikuler. SD Muhammadiyah 1 GKB (SD Mugeb) Gresik mengadakan kegiatan Hizbul Wathan (HW), Jumat (5/11/2021).

Kegiatan HW ini dilaksanakan secara tatap muka yang diikuti oleh siswa SD Mugeb dari kelas I, II, III, V, dan VI. Sedangkan kelas IV sedang mengikuyi kegiatan orangtua mengajar.

Kepala Sekolah M Nor Qomari SSi mengungkapkan kegiatan HW sebagai intrakurikuler. “Kegiatan HW yang kita lakukan sebagai intrakurikuler, masuk dalam jam pembelajaran,” terangnya.

Dia menjelaskan dalam Gerakan Kepanduan HW terdapat pendidikan karakter yang meliputi akhlak, life skill, keterampilan hidup, maupun wawasan-wawasan yang lain.

Ari, sapaannya, berharap dengan adanya kegiatan tersebut terbentuk karakter baik untuk siswa siswi SD Mugeb. “Juga menambah keterampilan hidup dari siswa siswi SD Mugeb,” harapnya.

Paparan Materi

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Erna Ahmad MPd menjelaskan materi HW yang dipelajari dalam tiap kelasnya.

“Metari HW yang diajarkan di tiap kelasnya berbeda-beda, sesuai dengan tingkatannya,” jelasnya.

Baca Juga:  Tampilan Minimalis Mugeb Raih Hasil Maksimalis: Juara I Bidang IPA SD dalam Festival Sains Gresik 2018

Dia mengungkapkan kelas I dan II belajar meteri dasar HW. “Yakni mengenal pendiri, tepuk, salam, dan janji pandu HW), dilanjutkan dengan mewarnai sketsa orang memakai seragam HW untuk mengenalkan atribut,” paparnya.

Sedangkan kelas III, mempelajari materi sandi morse dan terdapat permainannya. “Kelas V dan VI, mempelajari materi semaphore dan dilanjutkan dengan pratik,” ucapnya.

Erna, juga menerangkan waktu kegiatan HW yang dilaksanakan pada Jumat pekan pertama atau ketiga yang diadakan secara bergantian dengan kegiatan life skill.

Antusiasme Siswa

Kegiatan tersebut, diikuti dengan antusias oleh siswa-siswi SD Mugeb.

Nada Janeta, siswa Kelas III-Briliant mengungkapkan rasa senangnya mengikuti kegiatan HW, “Senang banget, bisa belajar sandi morse. Dan aku masuk kelompok melati, dan ada permainan juga jadi tidak bosan,” ucapnya.

Rasa senang juga diucapkan Nisrina Putri Erysti, kelas VI Bumi. “Senang sekali, ini baru pertama mempelajari semaphore, dan  ada praktiknya,” ucapnya. (*)

Penulis Novita Zahiroh Editor Mohammad Nurfatoni

Sumber : https://pwmu.co/215648/11/08/di-sd-mugeb-hizbul-wathan-jadi-intrakurikuler/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *