SD Mugeb Targetkan Satu Ton Sampah untuk Sedekah

Naura Aska Silmi mengikuti pekan sedekah sampah. SD Mugeb Targetkan Satu Ton Sampah untuk Sedekah (Viki Safitri)

PWMU.CO – SD Muhammadiyah 1 GKB (SD Mugeb) menargetkan satu ton sampah pada aksi Pedas (Pekan Sedekah Sampah), yang digelar 5-15 Oktober 2021.

Sampah yang dapat disedekahkan adalah kertas, plastik, kaca, dan logam. Hasil sedekah sampah akan didonasikan untuk fakir miskin, dhuafa, anak yatim, pasukan kuning dan hijau Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gresik.

Kegiatana ini dilakukan sebagai dukungan program Pedas yang digagas oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gresik.

Pedas Melatih Kepedulian Siswa 

Mulai Selasa (5/10/2021) pagi terlihat siswa-siswi SD Mugeb berbondong-bondong membawa sampah dari rumah mereka. Sampah tersebut dimasukkan ke tempat yang telah disediakan sesuai dengan jenisnya. Sebagian besar sampah yang terkumpul berupa botol air mineral bekas dan kardus.

Tak hanya mengumpulkan sampah, siswa-siswi juga diminta untuk memilah sampah sesuai dengan jenisnya. Sehingga mereka juga sekaligus dapat belajar memilah dan mengkategorikan sampah.

Kepala SD Mugeb M Nor Qomari mengatakan kegiatan ini diharapkan dapat melatih kepedulian siswa terhadap lingkungan.

“Acara sedekah sampah ini menjadi media pembelajaran yang tepat untuk menanamkan kepedulian anak sejak dini,” ujarnya.

“Anak jadi memahami bahwa sampah bisa diolah menjadi bahan yang bernilai (recycle), selain itu sampah juga memiliki nilai jual (revalue) yang nanti hasil penjualannya bisa diberikan ke orang-orang yang berhak,” tambahnya.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Pembiasaan Pembinaan Karakter Nur Hamidah SPd menambahkan program ini selaras dengan visi SD Mugeb sebagai sekolah ramah anak. “Yaitu menanamkan jiwa peduli terhadap sesama.” Ujarnya. (*)

Penulis Viki Safitri Editor Mohammad Nurfatoni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *