Tiga Budaya Bahasa Inggris, Ini Penjelasannya

                                            Maulita saat menyampaikan materi (Tangkapan layar Alimmatul Ghoriyah/PWMU.CO)

PWMU.CO – Tiga budaya bahasa Inggris disampaikan Maulita Ridha Hafshah SS dalam kegiatan bertajuk English Fun: With English, We Globalized, Rabu (17/3/21).

Pembina English Fun SD Muhammadiyah 2 GKB (SD Berlian School) Gresik dalam acara Olahraga, Sains, dan Teknologi (OST) Collabs Edition itu menjelaskan, pertama English culture (budaya Inggris).

The second is American culture and the third is Australian culture (kedua budaya Amerika dan ketiga budaya Australia),” ujar pada peserta 32 siswa SD Berlian dan 40 siswa SD Muhammadiyah 1 GKB (SD Mugeb) Gresik secara online.

Untuk kesempatan kali ini dia membhasa dua, yaitu budaya Inggris dan Amerika.

Kenali Terlebih Dulu Negaranya

Maulita menerangkan if we want to know about English, firstly we have to know the country first (jika kita ingin tahu tentang bahasa Inggris, pertama-tama kita harus tahu tentang negaranya terlebih dahulu).

“Bahwa Inggris adalah negara yang dipimpin oleh raja dan ratu, asal usul tentara Inggris, dan ritual legendaris negara Inggris yaitu Bloody Mary,” jelasnya.

Dia juga mengenalkan bintang ikonik Inggris, William Shakespeare. Dia adalah penyair Inggris yang paling menonjol. Apakah kamu tahu Romeo dan Juliet? Itu adalah karya Shakespeare yang terkenal di antara semua dramanya.

Tiga Aktor Terkenal di Inggris

Maulita menjelaskan ada tiga film yang aktor dan aktrisnya menggunakan aksen bahasa Inggris yaitu Harry Potter Movie Serials (2001-2011), Sherlock Holmes (2009), Mary Poppins Return (2018).

Do you like Harry Potter? (Apakah kamu suka Harry Potter?),” tanya Maulita.

Very very like (sangat sangat suka),” sahut siswa.

Dia juga memaparkan untuk belajar budaya Amerika, banyak film yang disukai dengan menggunakan aksen Amerikan. Mulai dari Avengers: Invinity War (2018), Despicable Me (2010), and The Lion King (1994).

Tips Belajar Bahasa Inggris

Maulita menerangkan ada empat tips untuk belajar bahasa Inggris yang menyenangkan. Pertama harus aktif membaca dan menulis setiap kata sulit ketika menonton film atau mendengarkan lagu.

“Langkah imi bisa membuat kalian bisa bahasa Inggris lebih cepat,” ujarnya. Kedua berbicara dengan bahasa Inggris dengan anggota keluarga, guru, dan teman menggunakan bahasa Inggris.

Do it at least once in a week to speak fully in English all day (Lakukan setidaknya sekali dalam sepekan untuk berbicara bahasa Inggris sepanjang hari,” tambahnya.

Tonton Podcast Berbahasa Inggris

Maulita mengatakan subscribe, tonton, atau dengarkan YouTube channel atau podcast berbahasa Inggris bisa dilakukan sebagai tahap ketiha supaya belajar bahasa Inggris bisa menyenangkan.

“Keempat adalah harus berani, be brave! Harus berani ngomong bahasa Inggris. Kalau kita berani, kemampuan kita akan meningkat. Jangan takut salah,” tegasnya.

“Kalau dibilang teman ih sok Inggris, sok pinter, biarin aja. Itu berarti mereka yang nggak mau belajar,” pesannya pada peserta Zoom.

Kalau pengen belajar bahasa Inggris, pesannya, harus baca kamus dan menambah kosakata baru. Kalau bosan dengan cara seperti itu, bisa mendengarkan musik dan nonton film sambil memperhatikan teksnya.

“Selama berani mencoba, ga masalah,” tandasnya. (*)

Penulis Mar’atus Sholichah. Editor Ichwan Arif.

Sumber : https://pwmu.co/183625/03/20/tiga-budaya-bahasa-inggris-ini-penjelasannya/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *