Cerita di Balik Kemenangan Polisi Cilik dan Superhero Ibu

Dua kontributor berprestasi dari SD Mugeb, Mar’atus Sholichah SPd (kiri) dan Farida Lutfiatul Jannah SPd (kanan). Cerita di Balik Kemenangan Polisi Cilik dan Superhero Ibu. (Novita Zahiroh/PWMU.CO)

PWMU.CO – Cerita di Balik Kemenangan Polisi Cilik dan Superhero Ibu. Dua guru SD Muhammadiyah 1 GKB (SD Mugeb) meraih penghargaan kepenulisan dalam acara Resepsi Virtual 5 Tahun PWMU.CO, Ahad (21/3/2021).

Dua guru itu adalah Farida Lutfiatul Jannah SPd yang meraih penghargaan sebagai Penulis Terbaik II Tahun 2021 dengan berita berjudul Kecil-Kecil Jadi Polisi Cilik di SD Mugeb.

Sedangkan Mar’atus Sholichah menjadi Harapan II Lomba Menulis Feature Tahun 2021 dengan karya tulis berjudul Ibu, Superhero yang Nyata.

Tak Menyangka

Kepada PWMU.CO Senin (22/3/2021) Farida mengaku tak menyangka bisa meraih penghargaan itu. Dia bercerita, ketika Pemimpin Redaksi PWMU.CO Mohammad Nurfatoni mulai mengumumkan pemenang, dia bersikap biasa.

Tak terbesit dalam hatinya akan mendapatkan juara karena dirinya sadar kalau merupakan kontributor baru. Karena itu ketika tulisannya mendapat penghargaan dia kaget luar biasa.

Dia tidak menyangka tulisan yang baru terbit beberapa hari itu mengantarkannya meraih penghargaan penulis terbaik. “Jujur saya sempat tidak percaya jika saya mendapat penghargaan. Tapi di sisi lain saya sangat senang, alhamdulillah,” tuturnya.

Guru pengajar tematik kelas IV itu menjelaskan berita yang terpilih menjadi yang terbaik kedua itu, ditulisnya dengan sangat mudah dan cepat.

“Ketika saya menulis berita ‘Kecil-kecil jadi Polisi di SD Mugeb’ itu, saya merasa lebih mudah karena sebelum menulis saya membaca referensi berbagai berita terlebih dulu,” jelasnya.

Farida juga mengatakan bahwa sebagai kontributor baru, dia banyak belajar dari kontributor lainnya yang saling mengevaluasi.

“Kami di SD Mugeb ada grup khusus untuk kontributor dan ada kepala sekolah juga di sana, jadi kami saling belajar, evaluasi, dan saling support,” jelasnya.

Proses Penulisan Naskah

Dia menceritakan, berita tersebut dia tulis pada hari Jumat (13/03/21) pada pukul 13.00 WIB. Dan selesai tepat pukul 14.00 WIB.

Farida menulis berita tersebut untuk memberitahukan kepada semua orang, bahwa SD Mugeb memiliki progam unggulan yaitu polisi cilik (pocil).

“Saya menulis berita ini agar semua orang mengetahui bahwa di SD Mugeb terdapat program unggulan pocil,” ungkapnya.

Sebagai kontributor baru, Farida mengucapkan terima kasih kepada PWMU.CO yang telah memberikan penghargaan.

“Terima kasih PWMU.CO atas penghargaan yang telah diberikan kepada saya. Semoga dengan penghargaan ini menjadikan saya lebih bisa mengeksplor diri dan memotivasi untuk terus menulis. Tidak hanya menulis untuk menggugurkan tugas tetapi menulis untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi orang lain,” tutur guru kelahiran Januari itu.

Lulusan Unesa itu juga mengucapkan terima kasih kepada SD Mugeb karena telah diberi kesempatan untuk bergabung menjadi kontributor.

“Saya ucapkan terima kasih kepada sekolah yang sudah memberikan kesempatan bergabung menjadi kontributor, dan teman-teman yang senantiasa mendampingi, memotivasi dan membantu dalam membuat berita,” ucapnya.

Penghargaan Penulis Feature

Sementara itu Mar’atus Sholichah menjelaskan alasan mengangkat perjuangan seorang ibu di tengah pandemi Covid-19.

“Tema itu saya ambil karena saya menyaksikan sendiri perjuangan para ibu yang harus berperan ganda dan berjuang ekstra selama masa pandemi ini demi pendidikan anak-anak,” paparnya, Senin (22/

Pada kesempatan kali ini Mar’a—sapaannya—mengungkapan rasa syukurnya karena mendapat apresiasi.

“Alhamdulillah, saya bersyukur mendapat apresiasi dalam menulis berita softnews atau feature,” ucapnya.

Ke depan, lanjutnya, dia akan terus belajar meningkatkan kemampuan menulisnya. “Insya allah saya akan terus belajar agar kemampuan menulis saya lebih baik lagi,” ujar guru yang hobi travelling itu.

Kepala SD Mugeb, M Nor Qomari SSi, berpesan kepada kontributor yang mendapat prestasi agar senantiasa bersyukur.

“Selamat untuk dua kontributor SD Mugeb yang sudah meraih prestasi, selalu bersyukur dan lebih semangat untuk terus menulis,” pesannya. (*)

Penulis Novita Zahiroh Editor Mohammad Nurfatoni

Sumber : https://pwmu.co/184015/03/23/cerita-di-balik-kemenangan-polisi-cilik-dan-superhero-ibu/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *