Penyerahan Buku Pendidikan Lalu Lintas oleh Kasatlantas Polres Gresik kepada Siswi SD Mugeb

Kasatlantas Polres Gresik menyerahkan buku pendidikan lalu lintas mata pelajaran PPKn secara simbolis kepada perwakilan siswa SD Muhammadiyah, pada Jum’at (29/1/21).

Mugeb.News- Kasatlantas Polres Gresik menyerahkan buku pendidikan lalu lintas mata pelajaran PPKn secara simbolis kepada perwakilan siswa SD Muhammadiyah 1 GKB (SD Mugeb), SMP Muhammadiyah 12 GKB (Spemdalas), dan SMA Muhammadiyah 10 GKB (Smamio), pada Jum’at (29/1/21).

Kegiatan yang dipandu Iin Kurnia SPd ini diselenggarakan di aula SD Mugeb dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik, KBO Lantas Polres Gresik, Kasi pembelajaran SMK Cabang Pendidikan Wilayah Kabupaten Gresik, Kepala Kemenag Gresik, Kanit Dikyasa Satlantas Polres Gresik, Kepala dan wakil kepala SD Mugeb, Spemdalas dan Smamio, serta perwakilan siswa dan guru dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

IPTU Khairul Alam SH MM, KBO Lantas Polres Gresik, menyatakan alasan pihaknya memilih SD Mugeb sebagai tempat launching buku adalah karena SD Mugeb selalu terbuka dengan pihak satlantas.

“SD Mugeb selalu proaktif, setiap ada kegiatan selalu terbuka dan siap untuk bekerja sama, sekaligus sekolah ini juga memiliki Polisi Cilik sebagai icon sekolah,” terangnya.

Buku ini, lanjutnya, nantinya akan berlaku untuk sekolah di seluruh Indonesia. Tujuan Pihak Korlantas melaunching buku ini adalah sebagai penanda bahwa pihaknya menyediakan sumber belajar untuk siswa berkaitan tentang ilmu kelalulintasan yang nantinya akan dimasukkan ke kurikulum pelajaran PPKn.

“Menurut kami cocok untuk dimasukkan ke kurikulum mapel PPKn karena mapel ini kan mengajarkan tentang pendidikan karakter, kalau sudah dimulai dari pendidikan dasar atau SD, akan semakin bagus,” papar Khairul, panggilannya.

Dengan adanya buku ini, sambungnya, diharapkan akan terbentuk karakter anak yang disiplin dan bertanggung jawab, serta memiliki mindset bahwa tertib di jalan tidak hanya karena ada polisi, tapi merupakan suatu kebutuhan tertib berlalu lintas.

“Jadi, maunya kami, anak-anak ini meskipun tidak ada pak polisi, itu sudah tertib semua, karena sudah terbentuk mindset bahwa tertib berlalu lintas itu kebutuhan, bukan karena takut sama pak polisi,” ujarnya.

Di dalam buku ini anak akan dibekali dengan pengetahuan tentang lalu lintas, seperti cara pengecekan kendaraan sebelum berkendara, surat-surat yang harus dimiliki, rambu-rambu lalu lintas, dan panduan safety riding .

“Harapannya, jika dari kecil anak-anak sudah memiliki mindset untuk tertib berlalu lintas, maka bisa ditularkan kepada keluarga, saudara, tetangga, dan yang lainnya. Jadi bisa saling mengingatkan karena hal ini juga merupakan upaya untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas,” harapnya.

Kepala SD Mugeb, Mochammad Nor Qomari SSi, menyampaikan ungkapan syukur dan terima kasih atas kepercayaan dari satlantas yang telah memilih SD Mugeb untuk menerima buku secara simbolis.
“Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan dari kepolisian polres Gresik dalam hal ini satuan lalu lintas (satlantas), insya allah amanah ini akan kita tindak lanjuti, tidak hanya sekadar penyerahan secara simbolis, tapi nanti dalam pembelajaran akan kita lakukan,” papar Ari, sapaannya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik yang diwakili oleh Nur Maslichah MM, kepala bidang pendidikan dasar, juga menyampaikan sambutan.

Icha, panggilan akrabnya, mengatakan, bahwa SD Mugeb patut dijadikan sebagai sekolah penggerak untuk sekolah dasar yang lain.

“Kasatlantas polres Gresik ini tidak salah memilih SD Mugeb untuk peluncuran buku secara simbolis, karena diantara 350-an sekolah yang ada di Gresik, SD Mugeb sudah mengawali mengintegrasikan pendidikan lalu lintas kepada siswanya,” ujar Icha, diiringi tepuk tangan para hadirin.

Icha juga menambahkan bahwa merupakan suatu penghargaan yang luar biasa, telah diterbitkannya buku PPKn yang di dalamnya memuat pembelajaran tentang kelalulintasan secara integratif.

Hal ini, lanjutnya, sesuai dengan visi pendidikan nasional untuk mewujudkan Indonesia yang maju, berdaulat, mandiri melalui terciptanya pelajar berprofil pancasila.

“Sehingga lima hal yang tersirat dan tersurat di dalam pancasila akan terealisasi, termasuk salah satunya adalah menaati peraturan, melaksanakan secara disiplin juga merupakan penerapan pancasila,” jelasnya.

Setelah mendengarkan sambutan-sambutan, kegiatan penyerahan buku pendidikan lalu lintas mata pelajaran PPKn pun dilakukan secara bergantian kepada perwakilan dari siswa SD Mugeb, Spemdalas, dan Smamio dan diakhiri dengan sesi foto bersama. (Mar’atus Solichah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *