Lima Manfaat Siswa Ikuti Ekstrakurikuler

Kegiatan OST secara daring SD Muhammadiyah 1 GKB Gresik (tangkapan layar Mar’atus/PWMU.CO)

PWMU.CO – Lima manfaat siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler disampaikan Alimmatul Ghoriyah SH dalam kegiatan Olahraga, Seni, dan Teknologi (OST) Collabs Edition. Acata bertema Upgrade Your Skill with OST ini digelar secara daring, Rabu (10/2/21)

Koordinator OST SD Muhammadiyah 2 GKB (Berlian School) Gresik ini menjelaskan lima manfaat itu. Pertama belajar mengatur waktu. Dengan mengikuti ekstrakurikuler siswa bisa lebih disiplin dan bisa mengatur waktu.

“Siswa bisa lebih memanajemen waktu dengan baik.Bisa membuat jadwal, semisal pagi mengikuti Zoom pembelajaran, siang sampai sore ikut ekstra,” ujarnya.

Yang kedua, lanjutnya, lebih percaya diri. Dengan mengikuti ekstrakurikuler siswa bisa lebih berani menunjukkan kemampuannya. “Kalau ikut ekstra ndak boleh pemalu, harus berani tampil dan menunjukkan bakatnya,” tutur wanita berdomisili di Dukun, Gresik ini.

Kemampuan Sosial yang Baik

Ima, sapaan akrabnya, mengatakan manfaat ketiga adalah memiliki kemampuan sosial yang baik.Dengan mengikuti ekstra, sambungnya, siswa bisa memiliki banyak teman baru yang mungkin berbeda kelas dengan kalian.

“Apalagi ada OST Collabs SD Muhammadiyah 1 GKB (Mugeb) dan Berlian School seperti ini.Siswa bisa mengenal teman lebih banyak lagi,” paparnya, semangat.

Keempat, menyalurkan energi dan kreativitas.Agar energi siswa tidak terbuang sia-sia, lebih baik digunakan untuk mengikuti ekstrakurikuler. Jika mengikuti ekstra, energi siswa akan tersalur menjadi hal yang positif dan tentunya bisa menumbuhkan kreativitas mereka.

Kelima, lanjutnyam, mengembangkan minat dan bakat. “Siswa memiliki bakat dan kesukaan masing-masing. Ada yang suka melukis, berkuda, bermain musik, menari, dan banyak lagi, kemampuan itu bisa kita asah dan kembangkan di ekstrakurikuler,” tambahnya.

Masa Untuk Mencoba Banyak Hal

Hal senada juga disampaikan narasumber kedua, Mar’atus Sholichah. Koordinator OST SD Mugeb ini mengatakan selama usia masih muda, kita harus mencoba banyak hal sebagai bekal untuk masa depan.

“Yang ingin jadi dokter, boleh juga ikut ekstra MC, musik, dan yang lain, karena semua itu pasti bermanfaat untuk kita, mumpung masih muda, kita harus berani mengeksplor banyak hal,” ujarnya memotivasi peserta zoom.

Mar’ah, sapaan akrabnya, memaparkan ekstrakurikuler yang dimiliki SD Mugeb dan Berlian School, mulai dari menari, vlogger, melukis, musik, robotik, bahasa Jepang, film indie, futsal, panahan, berkuda, basket, dan tapak suci.

Selama pandemi, tuturnya, kegiatan ekstrakurikuler tidak bisa berjalan normal seperti biasanya.”Meskipun begitu, kita tetap berusaha maksimal menyediakan ruang untuk kalian, ada beberapa ekstra yang masih tetap berjalan via zoom,” ujarnya.

Siswa, tekannya, harustetap semangat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seperti halnya saat masuk sekolah. “Tetap semangat yaa mengikuti ekstra, semoga pandemi segera berakhir, agar kita bisa bertemu di sekolah dan mengikuti ekstrakurikuler seperti dulu,” ajaknya.

Sinergi Sekolah Muhammadiyah GKB

Kepala SD Mugeb M Nor Qomari SSi mengungkapkan OST Collabs ini merupakan salah satu bentuk sinergi sekolah Muhammadiyah GKB.

“Kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi 2 sekolah dalam jenjang SD, yaitu SD Mugeb dan Berlian  School dalam bidang OST,” ujarnya.

Ari, sapaannya, menjelaskan sebagai sekolah ramah anak, SD Mugeb menghadirkan wadah seluas-luasnya bagi potensi siswa yang beragam.

“Kami memiliki program OST yang beragam agar bisa maksimal dalam memenuhi hak siswa, apapun potensi mereka akan digali dan dikembangkan disini, salah satunya lewat kegiatan OST Collabs,” lanjutnya.

Wakil kepala sekolah bidang kesiswaan Berlian School Nur Hamidah SPdmengatakansebagai bentuk sinergi kegiatan ini bisa memberikan keefektifan belajar dan pengalaman bagi siswa.

“Harapan diadakan OST Collabs ini yakni bisa menyambung silaturahmi antar pembina OST dan para peserta OST dari dua sekolah.Partisipan OST daring juga diharapkan bisa naik jika dilaksanakan secara collabs,” tandasnya.(*)

Penulis Novita Zahiroh. Editor Ichwan Arif.

Sumber https://pwmu.co/178957/02/18/lima-manfaat-siswa-ikuti-ekstrakurikuler/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *