Siswa SD Mugeb Jalan-Jalan Virtual ke Kampus Madinah

Akbar Husain Mohammad (kiri) saat memberikan motivasi kepada siswa SD Muhammadiyah 1 GKB (tangkapan layar Indra/PWMU.CO)

PWMU.CO – Siswa SD Mugeb jalan-jalan virtual ke Madinah, tepatnya ke Universitas Islam Madinah Kerajaan Saudi Arabia dalam kegiatan Guest Teacher, Selasa (5/01/21).

Mengawali semester II tahun pelajaran 2020/2021 SD Muhammadiyah 1 GKB (Mugeb) Gresik ‘mendatangkan’ nara sumber sekaligus alumni angkatan ke-9 Akbar Husain Mohammad untuk memberikan motivasi siswa kelas IV-VI.

Dalam acara tersebut, Akbar, sapaan akrabnya, mengajak siswa melihat kampus Universitas Islam Madinah secara virtual. Mulai dari gerbang depan kampus, bangunannya, asrama, kelas, hingga suasana kantin.

Jalan-jalan virtual yang dipandu Akbar ini memancing minat siswa dalam dialog interaktif. Seperti yang dilakukan M Rafli Azizi. Siswa kelas VI-Venus ini tertarik mendengar cerita tentang kampus tersebut.

“Apakah di Universitas Islam Madinah ada jurusan lain selain bahasa Arab?” tanya Rafli.

Baca Juga:  Empat Tips Meraih Mimpi ala Lulusan Melbourne

Mendapat pertanyaan Rafli, Akbar menjelaskan selain bahasa Arab, di Universitas Islam Madinah juga ada jurusan seperti komputer atau IPA, tetapi untuk jalur masuknya berbeda.

“Harus tes Toefl,” jelasnya.

Mendapat Beasiswa di Madinah

Akbar juga menceritakan perjalanan pendidikannya. Selepas lulus dari SD Mugeb tahun 2009 dia melanjutkan studi di Pondok Pesantren Imam Bukhari Solo.

“Selama tujuh tahun belajar di pondok tersebut, saya mendapat informasi bahwa Universitas Islam Madinah membuka program beasiswa,” katanya.

Mendengar senior yang telah berhasil studi di sana, lanjutnya, dia termotivasi dan terus  mempersiapkan diri agar bisa berkuliah di Madinah.

Singkatnya, tahun 2016 mengikuti tes wawancara yang diadakan oleh Universitas Islam Madinah di Jakarta.

“Lulus di pesantren tahun 2017 tidak langsung diterima di Universitas Islam Madinah. Akhirnya memilih untuk belajar di salah satu kampus di Jakarta. Baru pada tahun 2018 menerima pengumuman menjadi salah satu siswa yang berhasil mendapat beasiswa di Universitas Islam Madinah Saudi Arabia,” ungkapnya.

Kunci Sukses

Akbar mengatakan kesuksesan dalam menempuh studi tidak lepas dari dari usaha dan doa. “Jika adek-adek ingin seperti kakak berkuliah di luar negeri, tidak hanya di Madinah saja, tetapi di manapun itu harus dikuatkan niatnya karena ini bisa membuat kita terus semangat belajar dan berusaha untuk mencapai tujuan,” tuturnya.

Akbar mengatakan jika ingin sukses salah satu caranya adalah dengan menerapkan nilai-nilai keagamaan dan program pembiasaan yang telah ditanamkan di sekolah. Seperti shalat lima waktu, berinfaq, dan sholat dhuha.

Baca Juga:  Mugeb School Kunjungi Budi Mulia Dua, Tak Ada Bel

“Untuk selalu menjaga keistiqomahan dalam beribadah, selalu berusaha dan bertawakkal kepada Allah SWT.”

Jadi Warga Dunia

Kepala SD Mugeb  M Nor Qomari SSi dalam sambutannya mengatakan Guest Teacher ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada siswa pada saat awal semester baru.

“Jadilah warga dunia, become a citizen of the world, yang bisa mewarnai dunia dengan kebaikan-kebaikan,” katanya.

Dia memaparkan narasumber Akbar Husain Mohammad merupakan alumnus SD Mugeb. “Mas Akbar menceritakan kisah perjalanannya hingga berhasil kuliah beasiswa di Madinah. Cerita perjalanan pendidikan dan motivasi ini semoga bisa menambah semangat siswa SD Mugeb dalam menyongsong semester genap dengan giat belajar,” tandasnya. (*)

Penulis Viki Safitri. Editor Ichwan Arif.

Sumber : https://pwmu.co/173156/01/06/siswa-sd-mugeb-jalan-jalan-virtual-ke-kampus-madinah/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *