Wakili Indonesia, Siswi SD Mugeb Akan Ikuti Lomba IPA di Vietnam

Alicia Nabila Rinfa

Alicia Nabila Rinfa, siswa SD Muhammadiyah 1 GKB, Gresik, akan mewakili Indonesia dalam ajang bergengsi International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) pada 26 November hingga 1 Desember 2019 di Hanoi, Vietnam.

Siswa yang akrab dipanggil Cia ini sebelumnya telah meraih medali perunggu di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD tahun 2019.

“Semoga dalam lomba kali ini dapat mempersembahkan medali emas untuk Indonesia dan Kota Gresik tercinta,” tuturnya Kamis (31/10/19).

Dia mengatakan, yang berbeda dengan lomba sebelumnya, soal yang akan diujikan nanti dalam bahasa Inggris. “Jadi harus bisa menjelaskan menggunakan bahasa Inggris juga,” ujarnya.

Proses panjang dilalui Cia sebelum mengikuti kejuaraan IPA tingkat internasional ini. Ia mengikuti seleksi tahap I di bulan Agustus. Dari 30 siswa bidang IPA disaring menjadi 21 siswa. Kemudian, 21 siswa yang terpilih akan mengikuti seleksi tahap ke-II untuk diambil 12 siswa. Hingga akhirnya Cia masuk ke dalam jajaran 12 siswa yang akan mewakili Indonesia di Vietnam.

Tak berhenti disitu, Alicia juga harus mengikuti pembinaan tahap III dan IV selama satu pekan di Jakarta. Menariknya, pembinaan tidak hanya seputar akademik. Namun, tim Nasional ini juga dilatih untuk menari tradisional sebagai persembahan cultural performance saat di Vietnam nanti.

Nining Novita, guru SD Mugeb pembina Alicia berpesan agar selalu semangat dan pantang menyerah untuk tetap berprestasi. “Serta jangan lupa terus berdoa,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X