Begini Persiapan Pocil SD Mugeb Wakili Gresik pada Lomba Tingkat Provinsi

Tim Pocil SD Mugeb tampil di hadapan siswa dan guru SD Mugeb

Polisi Cilik (Pocil) Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 GKB (SD Mugeb) siap bertanding mewakili Kabupaten Gresik pada lomba pocil tingkat provinsi yang diselenggarakan Polda Jatim di Surabaya pada Rabu (18/9/19) besok.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Siti Latifah SPd, menyatakan pasukan Pocil SD Mugeb mulai melakukan latihan sejak Senin (15/7/19) hingga H-1 lomba yaitu Selasa (17/9/19).

Pemilihan peserta pocil dilakukan melalui proses seleksi. “Semua siswa kelas V dan VI diseleksi oleh Kanit Dikyasa Satlantas Polres Gresik IPDA Darwoyo SH, Pelatih Pocil SD Mugeb Wildan Ferdiansyah SAk, dan Guru SD Mugeb Dandik Suwandi SPd. Dari seleksi itu terpilihlah 30 pasukan dan 1 danton yang akan maju untuk lomba,” papar Latifah.

Latihan pocil dilakukan secara intensif. “Latihannya sepekan tiga kali, tapi untuk satu bulan terakhir ini ditingkatkan jadi latihan setiap hari, agar persiapannya lebih maksimal,” sambungnya.

Darwoyo menyatakan persiapan Pocil SD Mugeb sudah matang. “Temponya sudah bagus, latihan dari hari ke hari sudah ada peningkatan. Tinggal memotivasi dan mendoakan anak-anak saja, karena mental juga mempengaruhi penampilan. Optimis saja bisa juara,” terangnya saat ditemui PWMU.CO di sela mem-briefing pasukan Pocil.

Lomba Pocil ini akan dinilai dari beberapa aspek yaitu PBB dasar, kreasi formasi variasi, gatur lantas (gerakan mengatur lalu lintas), dan senam lantas. “PBB dasar itu ya tentang baris-berbarisnya, kalau kreasi formasi variasi itu harus membentuk formasi dengan suatu gerakan yang indah,” ujar Wildan Ferdiansyah, pelatih PBB dasar dan formasi variasi.

Tim Pocil SD Mugeb didampingi Perwakilan Unit Dikyasa Satlantas Polres Gresik

Selama latihan, Wildan, sapaan akrabnya, menekankan kedisiplinan siswa. “Kedisiplinan itu penting banget ya, saya mengajarkan kedisiplinan agar anak-anak terbiasa dalam segala hal, baik saat sekolah, patuh pada orang tua juga,” ungkap mantan Wakil Ketua Purna Paskibraka Indonesia 2016-2017 itu.

Sejalan dengan Wildan, Retno Windarti, pelatih gatur lantas dan senam lantas menyatakan bahwa ada beberapa unsur yang harus dikuasai oleh pocil.

“Harus ada kedisiplinan, konsentrasi, kekompakan, dan kekuatan. Karena ini adalah lomba tim, jadi dibutuhkan konsentrasi yang tinggi dan fisik yang kuat tentunya,” kata dia.

Winda berpesan agar anak-anak selalu menjaga kesehatan. “Setiap selesai latihan saya selalu bilang ke anak-anak, jaga kesehatan, banyak istirahat, makan yang banyak,” ujarnya.

Sebagai pelatih, Wildan dan Winda memiliki harapan yang sama untuk Pocil SD Mugeb. “Semoga menang juara I dan bisa mewakili Provinsi Jatim ke tingkat Nasional,” ujar Winda.

Selamat berjuang Pocil SD Mugeb!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X