SD Mugeb Bagikan Paket Suplemen Ke Petugas Pengendali PPKM di Gresik

Bertugas sebagai tim pengendali operasi Yustisi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tidaklah mudah, selain butuh kesabaran juga butuh stamina yang terjaga. Para pendidik di SD Muhammadiyah 1 GKB (SD Mugeb) membantu para petugas dengan membagikan bingkisan suplemen makanan.

Eka Maria Lieke Mayangsari satu diantara guru yang ikut kegiatan ini menjelaskan bahwa, pihak sekolah merasa terbantu dengan tim pengendali operasi Yustisi PPKM di Gresik, karena operasi yang digelar merupakan upaya pencegahan penularan Covid 19.

“Kita menghawatirkan kesehatan para petugas, karena mereka tidak tahu berhadapan dengan siapa, apakah yang dihadapi itu warga yang positif atau tidak, maka imunitas mereka harus terjaga, untuk itu kami mendukung langkah bapak-bapak ini agar pandemi cepat selesai dan sekolah bisa tatap muka lagi” ujar Eka usai acara.

Sementara itu petugas yang menerima suplemen yang diwakili Ipda Subagio berterimakasih atas simpati dan bingkisan yang diberikan SD Mugeb kepada para petugas.

“Kami ucapkan trimakasih atas nama pimpinan kepada SD muhammadiyah 1 GKB
atas pemberiannya, berupa vitamin maupun bingkisan nya semoga bermanfaat dan bisa meningkatkan kesehatan para petugas dilapangan” ujar Ipda Subagio saat bertugas di Posko GKB.

Paket Suplemen yang dibagikan SD Mugeb diantaranya berisi susu murni kaleng, roti dan madu. (Tik).

Lima Cara Bagaimana Anak Mengelola Uang

Antusiasme siswa SD Mugeb saat membuat celengan (tangkapan layar Viki/PWMU.CO)

PWMU.CO – Lima cara bagaimana anak mengelola uang disampaikan Heasty Susilowati ST dalam kegiatan Orangtua Mengajar secara daring di SD Mugeb, Selasa (12/01/21).

Dalam kegiatan yang bertema Let’s Manage Our Money Wisely, di hadapan siswa kelas II SD Muhammadiyah 1 GKB (SD Mugeb) Gresik, alumni Institut Teknologi Surabaya (ITS) mengajarkan kepada anak-anak bagaimana cara mengelola uang dengan baik.

“Pertama, bedakan kebutuhan dan keinginan. Kita harus membeli apa yang kita butuhkan seperti buku pelajaran, alat tulis dan lain-lain,” papar wali siswa Queenaira Widyasti II-Bougenville.

Kedua, lanjutnya, hemat menggunakan uang jajan. Dia mengajak anak-anak agar menghemat uang yang dimiliki dan menggunakan uang jajan seperlunya saja.

Ketiga, buat catatan pengeluaran dan pemasukan. “Anak-anak tuliskan uang pemasukan dan uang pengeluaran setelah digunakan.

Keempat, sambungnya, tetapkan tujuan menabung. Dia mengajak anak untuk harus menetapkan tujuan menabung, uangnya nanti digunakan untuk apa.

Kelima, menyisihkan uang untuk ditabung. “Jika kita diberikan uang jajan lebih maka kita harus menyisihkan sebagian untuk di tabung,” tegasnya.

Ibu yang hobi bersepeda ini berpesan agar anak-anak harus rajin menabung. “Jika kita rajin menabung dan bisa membeli apa yang kita inginkan dengan uang sendiri maka pasti hati akan senang.”

Latih Sabar dan Disiplin

Heasty, sapaanya, mengatakan menabung memiliki manfaat untuk melatih karakter sabar dan disiplin. Selain itu, menabung juga memiliki bisa menerapkan hidup hemat dan melatih untuk menghargai uang.

Jika kita rajin menabung, lanjutnya, bisa membeli apa yang kita inginkan dengan uang sendiri maka pasti hati akan senang.

Dia menyampaikan cara menabung ada dua macam, yaitu menabung di celengan dan bank.

“Menabung bisa menggunakan celengan dan bisa di bank. ketika menabung di bank kita akan mendapatkan buku tabungan,” terangnya.

Menghias Celengan

Kegiatan yang bertema “Menabung” ini membuat para siswa tertarik dan bersemangat untuk bertanya. Salah satunya yaitu Ahnaf Renato Kurniawan.

Siswa kelas II-Crissan ini bertanya tentang apakah boleh menabung dan mengambil uang di bank.

Heasty menjelaskan anak boleh menabung dan mengambil uang yang ada di bank ketika membutuhkan. “Boleh saja kita ambil uang dan menabung di bank,” jawabnya.

Di akhir Kegiatan, siswa diajak untuk membuat dan menghias celengan. Hasil kreasi celengan difoto dan dikirim ke wali kelas selanjutnya akan dipilih celengan terbaik untuk diberikan apresiasi.

Baca Juga:  Mugeb School Tak Pernah Tidur Sore, Subuh pun Rapat

Siswa kelas II-Adenium Lukman Nur Azmi mengatakan sangat senang sekali mengikuti kegiatan ini. Dia sudah menyiapkan peralatan untuk membuat celengan.

“Aku senang bisa membuat celengan yang lucu, agar aku rajin menabung untuk membeli sepeda,” ujar Azmi, sapaanya saat dihubungi via WhatsApp.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Erna Ahmad mengatakan tujuan kegiatan ini untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab siswa dalam memanejemen uang sakunya.

“Harapannya anak-anak dapat mengaplikasikan apa yang sudah mereka pelajari dari pembelajaran tematik dan juga kegiatan ini,” jelasnya. (*)

Penulis Novita Zahiroh. Editor Ichwan Arif.

Sumber : https://pwmu.co/173880/01/14/lima-cara-bagaimana-anak-mengelola-uang/

Siswa SD Mugeb Jalan-Jalan Virtual ke Kampus Madinah

Akbar Husain Mohammad (kiri) saat memberikan motivasi kepada siswa SD Muhammadiyah 1 GKB (tangkapan layar Indra/PWMU.CO)

PWMU.CO – Siswa SD Mugeb jalan-jalan virtual ke Madinah, tepatnya ke Universitas Islam Madinah Kerajaan Saudi Arabia dalam kegiatan Guest Teacher, Selasa (5/01/21).

Mengawali semester II tahun pelajaran 2020/2021 SD Muhammadiyah 1 GKB (Mugeb) Gresik ‘mendatangkan’ nara sumber sekaligus alumni angkatan ke-9 Akbar Husain Mohammad untuk memberikan motivasi siswa kelas IV-VI.

Dalam acara tersebut, Akbar, sapaan akrabnya, mengajak siswa melihat kampus Universitas Islam Madinah secara virtual. Mulai dari gerbang depan kampus, bangunannya, asrama, kelas, hingga suasana kantin.

Jalan-jalan virtual yang dipandu Akbar ini memancing minat siswa dalam dialog interaktif. Seperti yang dilakukan M Rafli Azizi. Siswa kelas VI-Venus ini tertarik mendengar cerita tentang kampus tersebut.

“Apakah di Universitas Islam Madinah ada jurusan lain selain bahasa Arab?” tanya Rafli.

Baca Juga:  Empat Tips Meraih Mimpi ala Lulusan Melbourne

Mendapat pertanyaan Rafli, Akbar menjelaskan selain bahasa Arab, di Universitas Islam Madinah juga ada jurusan seperti komputer atau IPA, tetapi untuk jalur masuknya berbeda.

“Harus tes Toefl,” jelasnya.

Mendapat Beasiswa di Madinah

Akbar juga menceritakan perjalanan pendidikannya. Selepas lulus dari SD Mugeb tahun 2009 dia melanjutkan studi di Pondok Pesantren Imam Bukhari Solo.

“Selama tujuh tahun belajar di pondok tersebut, saya mendapat informasi bahwa Universitas Islam Madinah membuka program beasiswa,” katanya.

Mendengar senior yang telah berhasil studi di sana, lanjutnya, dia termotivasi dan terus  mempersiapkan diri agar bisa berkuliah di Madinah.

Singkatnya, tahun 2016 mengikuti tes wawancara yang diadakan oleh Universitas Islam Madinah di Jakarta.

“Lulus di pesantren tahun 2017 tidak langsung diterima di Universitas Islam Madinah. Akhirnya memilih untuk belajar di salah satu kampus di Jakarta. Baru pada tahun 2018 menerima pengumuman menjadi salah satu siswa yang berhasil mendapat beasiswa di Universitas Islam Madinah Saudi Arabia,” ungkapnya.

Kunci Sukses

Akbar mengatakan kesuksesan dalam menempuh studi tidak lepas dari dari usaha dan doa. “Jika adek-adek ingin seperti kakak berkuliah di luar negeri, tidak hanya di Madinah saja, tetapi di manapun itu harus dikuatkan niatnya karena ini bisa membuat kita terus semangat belajar dan berusaha untuk mencapai tujuan,” tuturnya.

Akbar mengatakan jika ingin sukses salah satu caranya adalah dengan menerapkan nilai-nilai keagamaan dan program pembiasaan yang telah ditanamkan di sekolah. Seperti shalat lima waktu, berinfaq, dan sholat dhuha.

Baca Juga:  Mugeb School Kunjungi Budi Mulia Dua, Tak Ada Bel

“Untuk selalu menjaga keistiqomahan dalam beribadah, selalu berusaha dan bertawakkal kepada Allah SWT.”

Jadi Warga Dunia

Kepala SD Mugeb  M Nor Qomari SSi dalam sambutannya mengatakan Guest Teacher ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada siswa pada saat awal semester baru.

“Jadilah warga dunia, become a citizen of the world, yang bisa mewarnai dunia dengan kebaikan-kebaikan,” katanya.

Dia memaparkan narasumber Akbar Husain Mohammad merupakan alumnus SD Mugeb. “Mas Akbar menceritakan kisah perjalanannya hingga berhasil kuliah beasiswa di Madinah. Cerita perjalanan pendidikan dan motivasi ini semoga bisa menambah semangat siswa SD Mugeb dalam menyongsong semester genap dengan giat belajar,” tandasnya. (*)

Penulis Viki Safitri. Editor Ichwan Arif.

Sumber : https://pwmu.co/173156/01/06/siswa-sd-mugeb-jalan-jalan-virtual-ke-kampus-madinah/