Fantastic Cara SD Mugeb Meriahkan Hari Guru

Salah satu permainan dalam peringatan Hari Guru Nasional di SD Mugeb (Farida Lutfiatul Jannah/PWMU.CO)

PWMU.CO – Fantastic Cara SD Mugeb Meriahkan Hari Guru. Memperingati Hari Guru Nasional, SD Muhammadiyah 1 GKB (SD Mugeb) Gresik menggelar acara Fantastic (Fun Activity at School with My Teacher), Kamis (25/11/2021).

Acara tersebut dikemas dalam bentuk tantangan bagi siswa. Mereka harus memainkan permainan terlebih dahulu untuk mendapatkan hadiah. Hadiah itulah yang akan dipersembahkan untuk gurunya. Tidak hanya siswa yang bermain, guru pun juga turut menjadi bagian dari permainan.

Sambutan Kepala Sekolah

Sebelum bermain, siswa mendapatkan motivasi dari Kepala SD Mugeb M. Nor Qomari SSi. Dia mengucapkan: “Selamat Hari Guru dan terima kasih pada ustad dan ustadzah semuanya,” ujar Ari, sapaannya.

Dalam kesempatan tersebut, Ari juga mengingatkan siswa untuk senantiasa menghormati guru.

“Pada Hari Guru ini, Ustad Ari mengingatkan anak-anak semua untuk senantiasa menghormati dan berperilaku yang santun terhadap semua guru,” tuturnya.

“Guru merupakan orangtua di sekolah. Guru yang mendampingi dan mendidik Kalian, mencurahkan kasih sayang, dan membantu Kalian jika ada kesulitan,” tambahnya.

Selanjutnya, Ari juga memberikan gambaran kegiatan yang akan dilakukan siswa.

“Hari ini kalian akan bermain bersama ustad dan ustadzah yang pastinya sangat menarik dan menantang,” ujarnya.

Sebagai sekolah penggerak, lanjutnya, SD Mugeb sengaja memilih permainan yang dimainkan secara berkelompok sehingga dapat mengembangkan profil pelajar Pancasila yakni gotong-royong.

Macam-Macam Permainan

Ada beberapa permainan yang disiapkan yakni estafet air untuk level kelas I, menuang air untuk level kelas II, dan estafet bola untuk level kelas III.

Sedangkan untuk kelas IV, V, dan VI permainannya ada lima. Yakni estafet kelereng, lempar bola, memasukkan pensil dalam botol, estafet tongkat, dan sumpit kelereng. Kelima permainan tersebut dimainkan berurutan dan bergilir tiap kelas.

Pada acara ini, setiap kelas yang sudah bermain akan mendapatkan hadiah. Hadiah tersebut merupakan bentuk penjuangan siswa yang dipersembahkan untuk gurunya yang senantiasa mendampingi dan mendidik mereka.

Kesan Siswa

Beberapa siswa memberikan tanggapan terkait acara Fantastic.

Mochammad Grissee Al Fahrizi, siswa Kelas II Bougenville mengaku senang bisa bermain bersama teman-teman dan gurunya.

“Aku senang karena ada permainan sehingga aku bisa main dengan teman-teman dan Ustadzah Sholihatin,” ujar siswa yang akrab dipanggil Fahri ini.

Menurut Muhammad Tajuddin Nafis, Kelas IV Kalimantan acara Fantastic bagus dan seru.

“Acaranya bagus, seru, ramai, dan menyenangkan karena kita bisa berkumpul dengan kakak-kakak kelas dan berjuang untuk mempersembahkan hadiah untuk guru kita,” ujar siswa yang akrab dipanggil Nafis itu.

Dia berharap jika hari guru tahun depan sekolah bisa mengadakan acara lomba-lomba khusus untuk guru.

“Pada peringatan hari guru tahun depan, aku berharap SD Mugeb bisa mengadakan lomba-lomba untuk guru,” ujarnya.

Khansa Aurelia, siswa Kelas 5 Afrika mengaku merasa tertantang. “Senang sekali bisa ikut main dan jujur saja merasa tertantang dengan segitu banyak permainan,” ujarnya.

Kami sekelas, lanjutnya, berusaha adil dalam membagi tugas dan berusaha  kompak supaya permainan bisa dituntaskan dalam waktu yang cepat. Dengan begitu, kita bisa memberi hadiah untuk Ustadzah Elvy Suraiya.

Hadiah Persembahan dari Sekolah

SD Mugeb juga memberikan hadiah untuk guru-gurunya. Tiap guru mendapatkan bingkisan dan kartu ucapan. Kartu ucapan tersebut bertuliskan “Selamat Hari Guru. Terima kasih kami ucapkan untuk semua jasa-jasamu yang tak akan tergerus waktu.” (*)

Penulis Farida Lutfiatul Jannah Editor Mohammad Nurfatoni

Sumber : https://pwmu.co/217858/11/26/fantastic-cara-sd-mugeb-meriahkan-hari-guru1/

SD Mugeb Raih Juara Stan Terunik GinoFest 2021

SD Mugeb meraih predikat Stan Terunik dalam Gresik Innovation Festival (GinoFest) 2021 yang diselenggarakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda), Sabtu-Ahad (21-22/11/21).
Wakil Bupati Gresik Hj Aminatun Habibah  menyerahkan penghargaan stan terunik kepada kepala SD Mugeb, M Nor Qomari SSi. SD Mugeb Raih Juara Stan Terunik GinoFest 2021(Istimewa/PWMU.CO)

PWMU.CO – SD Mugeb raih juara Stan Terunik dalam Gresik Innovation Festival (GinoFest) 2021 yang diselenggarakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian, dan Pengembangan (Bappeda) Gresik, Sabtu-Ahad (21-22/11/21).

Kepala SD Muhammadiyah 1 GKB (Mugeb) Gresik M Nor Qomari SSi mengatakan ide konsep terinspirasi dari Iconic Cafe di Yogyakarta yaitu stan didesain menyerupai kapal luar angkasa dengan nama Iconic SD Mugeb.

“Dengan desain ini pengunjung seolah diajak terbang ke luar angkasa,” ujarnya.

Dia memaparkan saat kunjungan kerja ke Yogyakarta mampir ke Iconic Gelato. Desainnya menarik dan menginspirasi untuk kami diterapkan di stan SD Mugeb.

Produk Unggulan

M Nor Qomari menjelaskan produk yang dipamerkan dalam ajang ini merupakan kolaborasi antara teknologi tepat guna dan local wisdom (kearifan lokal) Gresik.

“Teknologi tepat guna yang ditampilkan antara lain alat pemberi makan ikan otomatis, Bombastis (alat penyiram tanaman otomatis), dan jus juwet,” paparnya.

Dia mengungkapkan ide membuat alat pemberi makan ikan otomatis memiliki alasan khusus. Ini dilatarbelakangi potensi perikanan yang ada di Gresik. Diharapkan ini menjadi solusi budidaya ikan secara modern.

Untuk Bombastis, lanjutnya, alat penyiram tanaman otomatis menggunakan coding dalam cara kerjanya. Penyiram tanaman otomatis ini akan menyiram tanaman secara otomatis dengan adanya sensor pendeteksi tanah kering.

Ekowisata Sekolah

M Nor Qomari menjelaskan dalam stan juga memamerkan produk khasnya yaitu jus juwet yang merupakan hasil panen di ekowisata sekolah.

“Juwet sudah semakin langka namun ada pohon yang telah berbuah di sekolah. Coba kita lestarikan agar lebih bisa jaga kelestariannya dengan memberikan nilai ekonomi lebih dan bermanfaat untuk banyak orang,” tuturnya.

Selain itu, sambungnya, alat pemberi makan ikan otomatis juga menyita perhatian pengunjung. Pemberi makan ikan otomatis dan penyiram tanaman otomatis ini merupakan inovasi teknologi yang sangat disukai oleh para traveller tanpa takut meninggalkan tanaman dan hewan peliharaannya di rumah saat bepergian jauh.

Rumah Literasi Mataseger

Selain menampilkan karya inovasi, di stan SD Mugeb juga menyediakan permainan ketangkasan bernama Buzz Wire Fire. Kris Adji, pemilik Rumah Literasi Mataseger, berkesempatan mencoba permainan ini.

“Bagus konsepnya, menarik,” katanya. (*)

Penulis Ariesa Restianti Binawati dan Mar’atus Sholichah. Co-Editor Ichwan Arif. Editor Mohammad Nurfatoni.

Siswa SD Mugeb Tulis Surat pada Ketua Umum PP Muhammadiyah

Siswa SD Mugeb menandatangani komitmen optimis menghadapi Covid-19 dan menulis 1009 surat untuk Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr Haedar Nashir MSi, Kamis (18/11/21).
Siswa menulis surat untuk Prof Dr Haidar Nashir MSi. Siswa SD Mugeb Tandatangani Komitmen Optimis Hadapi Covid-19 (Kaiisnawati/PWMU.CO)

PWMU.CO – Siswa SD Mugeb menandatangani komitmen optimis menghadapi Covid-19 dan menulis 1009 surat untuk Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr Haedar Nashir MSi, Kamis (18/11/21).

Kepala SD Muhammadiyah 1 GKB (Mugeb) Gresik M Nor Qomari SSi mengatakan kegiatan ini untuk memperingati Milad Ke-109 Muhammadiyah.

“Selain kegiatan ini, sekolah juga mengadakan kontes ucapan milad melalui Twibbon dengan tema yang diusung dalam Milad tahun ini. Kali ini panitia mengambil tajuk Aku, Kamu dan Muhammadiyah,” ujarnya.

Tema yang diangkat panitia ini, lanjutnya, memberikan arti Muhammadiyah siap menjadi bagian dari Indonesia yang lebih baik. Kami bangga Muhammadiyah.

Dalam kegiatan ini, siswa kelas I-VI beserta guru menulis surat yang diperuntukan ke Prof Dr Haedar Nashir. Penulisan surat dilakukan di kelas, perpustakaan, ada juga yang di selasar depan kelas. Surat ditulis di lembar kertas folio bergaris yang sudah disiapkan sekolah.

Alisah Khusnul, siswa kelas VI-Merkurius menyatakan sangat senang bisa diberi kesempatan untuk menulis kepada Prof Haedar Nashir. Baginya, sosok Haedar Nashir ini bisa memberikan semangat dalam hidupnya.

“Saya dulunya adalah seorang pendekar tapak suci tapi dikarenakan sudah kelas VI harus berhenti mengikuti ekstra tapak suci agar bisa fokus menyiapkan ujian akhir,” tuturnya.

Namun, sambungnya, setelah mendengar semangat kakek (Prof Haedar), saya pun menjadi lebih semangat. Saya mendengar dari guru saya kalau kakek itu sangat semangat untuk mengembangkan Muhammadiyah karena itulah saya kagum dan ingin menjadi seperti kakek.

“Terima kasih kakek karena membuatku semangat kembali. Jika kakek menyukai surat ini kakek bisa membalas surat ini dan mengirimkannya ke kelas VI Merkurius,” inilah sepenggal tulisan di suratnya.

Hal senada juga disampaikan Giovanno Ahmad. Siswa kelas IV-Sulawesi ini menyampaikan ingin berjumpa dengan Prof Haedar. Begitupun dengan M Fatih Nasrullah selain ingin berjumpa Haidar Nashir. Fatih juga ingin melihat rumahnya dan berbicara banyak tentang Muhammadiyah. (*)

Penulis Kaiisnawati. Co-Editor Ichwan Arif. Editor Mohammad Nurfatoni.