Siswa SD Mugeb Sabet Prestasi Senam Rhythmic Gymnastic

Siswa SD Mugeb, Diandra Ayu Nila Siswoyo, menyabet prestasi di bidang senam rhythmic gymnastic.
Diandra Ayu Nila Siswoyo sedang menunjukkan piagam penghargaan. Siswa SD Mugeb Sabet Prestasi Senam Rhythmic Gymnastic (Kaiisnawati/PWMU.CO)

PWMU.CO – Siswa SD Mugeb sabet prestasi di bidang senam rhythmic gymnastic. Dialah , Diandra Ayu Nila Siswoyo.

Diandra, sapaan akrabnya, memulai kariernya di bidang rhythmic gymnastic sejak duduk di bangku TK A, saat berumur 4 tahun. Siswa kelas VI-Jupiter SD Muhammadiyah 1 GKB (Mugeb) aktif mengikuti ke manapun bundanya pergi sebagai pelatih senam.

Gadis yang hobi olahraga dan merajut ini kerap kali memperoleh juara dari even-even lomba yang diikutinya.

Hobi Sama dengan Bunda

Diandra mengatakan bundanya, Astrida Nila Kusuma, adalah seorang pelatih di Klub Elastic Girl Rhythmic Gymnastic Citraland Surabaya dan Surabaya Town Square (Sutos) Surabaya.

Dia memaparkan berawal dari keikutsertaannya mengikuti bunda ketika latihan membuatnya menyukai senam ini.

“Yah, belajar sama bunda. Diajari bunda sampai bisa. Pernah latihan sampai nangis karena kaki ini terasa sakit karena loncatnya kan harus lurus dan kaki ditekan,” katanya, Sabtu (15/1/22).

Bahkan saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Diandra pun masih tetap menyempatkan latihan.

“Saat sekolah masih online latihannya setiap hari Senin, Kamis, dan Sabtu. Tapi sekarang sudah tatap muka sekolah jadi aku latihannya hari Sabtu saja,” terang anak pertama dari 3 bersaudara ini.

Wujud Kerja Keras

Astrida Nila Kusuma menyampaikan prestasi yang diperoleh putri kesayangannya ini adalah wujud kerja keras.

“Selama ini saya dukung penuh kegiatan Diandra di senam. Mulai dari peralatan latihan sampai kebutuhan lainnya. Bangga dan senang sekali dengan prestasi ini,” ungkapnya.

Diandra sangat menyukai olahraga senam. Hobi ini pula yang mengantarkannya berprestasi. Latihan bersama kawan-kawannya satu klub di bawah pembinaan bundanya sendiri dilalui Diandra untuk membuktikannya layak menjadi sang juara.

Dia memaparkan saat ini Diandra sedang persiapan seleksi Pekan Olah raga Pelajar Daerah (Popda) yang akan dilaksanakan pertengahan tahun ini.

Dukungan dari Sekolah

Kepala SD Mugeb M Nor Qomari SSi sangat bangga karena selain berprestasi di bidang akademik, siswa juga berprestasi di bidang pengembangan diri.

“SD Mugeb sebagai sekolah ramah anak melalui siswa terbaiknya mampu membuktikan bahwa setiap anak pasti memiliki kelebihan di banyak sekali bidang. Hal tersebut tentunya tidak lepas dari bimbingan sekolah melalui program terbaiknya serta doa, dukungan, dan bimbingan dari orangtua,” tuturnya.

Menurut Ari, SD Mugeb akan terus melakukan inovasi melalui banyak kegiatan.

“Dari beberapa kegiatan tersebut akan nampak bakat, minat, dan kelebihan unik siswa yang kadang jarang terekspos, setelah itu akan dilakukan pembinaan, menyamakan persepsi dengan orangtua melalui komunikasi intens dan memfasilitasi melalui event, baik lomba maupun ajang kreasi baik internal maupun eksternal,” tambahnya.

Ari yakin capaian-capaian Diandra akan menjadi jalan sukses masa depannya dan diharapkan menjadi inspirasi bagi teman-temannya untuk lebih percaya diri dalam melejitkan potensi kecerdasannya.

Mengutip dari pernyataan tokoh ternama, Howard Gardner, profesor dan psikolog dari Universitas Harvard, dalam bukunya berjudul Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences, Ari menyampaikan bahwa setiap manusia memiliki delapan kecerdasan berbeda yang mencerminkan berbagai cara berinteraksi dengan dunia. Satu jenis kecerdasan ditambahkan kemudian.

“Kecerdasan yang dimiliki Ananda saya nilai kecerdasan kinestetik-jasmani dan Kecerdasan musikal,” katanya.

Prestasi Diandra

Berikut adalah prestasi Diandra Ayu Nila Siswoyo

  1. Juara III pada kejuaraan senam antar klub se-Surabaya yang diselenggarakan KONI pada tahun 2015.
  2. Juara II perorangan alat rhytmic gymnastic kategori 2 pada kejuaraan senam se-Surabaya yang diselenggarakan KONI pada tanggal 7-8 Desember 2018
  3. Juara II pada kejuaraan senam antar klub se-Surabaya yang diselenggarakan KONI Surabaya XVI tahun 2019
  4. Juara II Elastic Open ke-2 bidang Limited Space-Stars-Team pada Internasional Online Competition yang diselenggarakan PB Persani pada tanggal 19-24 Februari 2021
  5. Juara I Elastic Open ke-2 bidang Limited-Space-Stars-Ribbon pada Internasional Online Competition yang diselenggarakan PB Persani pada tanggal 19-24 Februari 2021
  6. Juara I beregu senam ritmik pemula usia 7-12 tahun pada kejuaraan provinsi (Kejurprov) cabang olahraga senam se-Jawa Timur yang diselenggarakan Komite Olahraga Nasional Indonesia dan Persani Provinsi Jawa Timur pada tanggal 14-19 November 2021. (*)

Penulis Kaiisnawati. Co-Editor Ichwan Arif. Editor Mohammad Nurfatoni.

Insaf, Cara Siswa SD Mugeb Peduli Lingkungan

Salah satu siswa berpartisipasi dalam program Insaf SD Mugeb (Marisa/PWMU.CO)

Insaf, Cara Siswa SD Mugeb Peduli Lingkungan, laporan Mar’atus Sholichahkontributor PWMU.CO Gresik

PWMU.CO – Jumat (14/1/22) pagi, siswa SD Muhammadiyah 1 GKB (SD Mugeb) Gresik datang ke sekolah dengan membawa berbagai macam sampah. Mereka berpartisipasi dalam program Insaf yang diselenggarakan SD Mugeb.

“Insaf merupakan akronim dari Infak Sampah untuk Flora Fauna. Program ini sudah berjalan sejak bulan Oktober 2021 setiap hari Jumat. Alhamdulillah sampai saat ini berjalan dengan baik,” ujar M Nor Qomari SSi, kepala SD Mugeb.

Siapapun, lanjutnya, bisa berkontribusi dalam program Insaf dengan membawa sampah plastik, kertas, kaleng, dan minyak jelantah.

“Semua warga sekolah bisa berkontribusi di kegiatan insaf, siapapun yang punya sampah bisa dibawa ke sekolah pada hari Jumat,” terangnya.

Ari, sapaannya, mengatakan bahwa tujuan kegiatan Insaf ini adalah untuk mengurangi kuantitas sampah dan mengubah sampah menjadi sesuatu yamg lebih bernilai.

“Selain itu juga mendayagunakan sampah agar lebih bermanfaat dan bernilai, yang nantinya akan didonasikan kepada flora fauna di ekowisata SD Mugeb,” jelas Ari.

M Salman Al Farisy membawa sampah ke sekolah. Insaf, Cara Siswa SD Mugeb Peduli Lingkungan (Maflukha/PWMU.CO)

Warga Sekolah Antusias Insaf

Wakil Kepala Sekolah BPengembangan Pembiasaan Karakter (PPK)  Nur Hamidah SPd mengaku senang karena pelaksanaan Insaf ini disambut baik oleh warga sekolah.

“Warga sekolah menyambut dengan baik program tersebut dan tidak pernah sepi sampah pada hari Jumat. Bahkan ada siswa yang sengaja mengumpulkan sampah setiap hari untuk dibawa ke sekolah. Tidak hanya siswa, ustadz dan ustadzah pun juga ikut berpartisipasi,” jelasnya.

Wanita yang akrab disapa Mida ini berharap agar Insaf lebih meningkat lagi perolehannya dan bisa membangun kesadaran bahwa sampah bisa bermanfaat.

“Harapan kami, kesadaran akan kebermanfaatan sampah, bahwa ternyata sampah juga bisa bernilai uang jika kita manajemeni dengan baik. Semoga melalui program ini juga dapat menimbulkan rasa peduli pada siswa terhadap flora fauna di sekolah sesuai dengan salah satu profil pelajar pancasila yang merupakan capaian SD Mugeb sebagai sekolah penggerak,” tutur Mida.

M Salman Al Farisy, siswa kelas II-Crissan merupakan salah satu siswa yang aktif mengumpulkan sampah untuk program Insaf.

“Aku mengumpulkan sampah di rumah, lalu aku bawa ke sekolah kalau hari Jumat,” ujar anak yang akrab disapa Faris ini.

Maflukha, wali siswa Faris mengaku pada hari Jumat Faris membawa sampah botol plastik dan kertas.

“Biasanya bawa botol-botol dijadikan satu dalam karung beras 10 kg. Ada juga kertas-kertas kardus susu. Saya bantu bedakan plastiknya. Kebetulan kalo ke LOG-mart suka beli minuman untuk isi kulkas, jadi botolnya terkumpul banyak,” ujarnya. (*)

Editor Mohammad Nurfatoni

Gubernur HW Jatim Cairkan Suasana Vaksinasi SD Mugeb

Ketua HW Jatim cairkan suasana vaksinasi Covid-19 dosis kedua di SD Muhammadiyah 1 GKB (SD Mugeb) Kamis (13/1/22).
Gubernur HW Jatim cairkan suasana vaksinasi SD Mugeb (Ariesa Restianti/PWMU.CO)

PWMU.CO – Gubernur HW Jatim cairkan suasana vaksinasi Covid-19 dosis kedua di SD Muhammadiyah 1 GKB (SD Mugeb) Kamis (13/1/22).

Kegiatan vaksin ini dihadiri oleh Ketua Kwarwil—atau biasa dipanggil ‘gubernur’ HW Jatim M Harun Roesyied, Babinka Kamtibnas Aiptu Jemi N S, Babinsa Desa Randuagung Serda Ahmad Busroh. Serta dukungan dari Ketua Ikatan Wali Murid (Ikwam) SD Mugeb M Saiful Anwar dan Bendahara Ikwam Faried Dwijayanto Ashar.

Prokes Tetap Dilaksanakan

Menurut Kepala SD Mugeb M Nor Qomari SSi vaksinasi yang diikuti siswa kelas III, IV dan VI berjalan dengan baik dan sudah hampir 50 persen siswa telah tervaksinasi dengan lengkap.

“Alhamdulillah vaksinasi dosis kedua kali ini telah 100 persen tercapai. Namun budaya protokol kesehatan (prokes) harus terus dilaksanakan oleh warga sekolah,” ujarnya.

Vaksinasi kali ini, lanjutnya, bertema Hizbul Wathan (HW). Para siswa dan ustadz-ustadzah mengenakan seragam HW lengkap dengan atributnya disertai pita merah putih di kepala untuk menambah semangat para siswa.

“Semoga vaksin dapat terlaksana 100 persen dan prokes tetap terlaksana sehingga memberikan kenyamanan dan keamanan belajar pada warga sekolah di era kenormalan baru,” harapnya.

Diajak Bermain dan Bernyanyi

Ada yang berbeda dari pelaksanaan vaksinasi kali ini. Pasalnya siswa-siswi diajak untuk bernyanyi dan bermain bersama Harun, panggilan akrab M Harun Roesyied. Terlihat sekali suasana menjadi lebih menyenangkan dan cair dalam sekejap. Siswa-siswi SD Mugeb menjadi tidak takut kembali untuk vaksin.

Harun pun menyampaikan pendapatnya tentang pelaksanaan vaksinasi SD Mugeb. “Bangga pada SD Mugeb dalam persiapan vaksinasi yang baik dalam vaksinasi kedua. Maka vaksinasi pertama pelaksanaannya pasti baik pula,” ungkapnya.

Menurutnya pembelajaran tatap muka (PTM) di SD Mugeb berjalan dengan baik serta selalu mematuhi protokol kesehatan.

“PTM di SD Mugeb dapat berjalan dengan baik dan membuat siswa nyaman karena sarana dan prasarana sekolah yang baik. Serta pelaksanaan prokes tetap dijaga sehinga orang tua mempercayakan putra-putrinya mengikuti PTM,” jelasnya.

Sementara itu perwakilan Ikwam Faried Dwijayanto Ashar menyampaikan kesuksesan vaksinasi dan PTM di SD Mugeb tak terlepas dari dukungan para stackholder, logmart serta wali siswa.

“Kesediaan wali siswa dalam perijinan putra-putrinya mengikuti vaksinasi sehingga pelaksanaannya menjadi sukses,” tutur Faried.

Faried mengimbau agar seluruh wali siswa mengizinkan putra-putrinya mengikuti vaksin karena terbukti aman.

“Kami memberikan imbauan kepada wali siswa serta keyakinan bahwa vaksinasi ini zero risiko maupun memberikan ijin wali siswa untuk melakukan vaksin mandiri di tempat medis yang menyediakan sehingga para wali siswa menjadi percaya pada kami,” pesannya.

Wali siswa kelas II dan IV Nia Ika Dewi Safitri memberikan sarannya terhadap PTM yang dilaksanakan SD Mugeb.

“Ada baiknya jendela kelas dibuka agar sirkulasi udara tetap baik. Serta adanya imbauan dalam pemakaian masker, vaksinasi sebagai salah satu syarat untuk PTM,” harapnya. (*)

Penulis Ariesa Restianti Binawati. Co-Editor Sugiran. Editor Mohammad Nurfatoni.