Serunya Siswa SD Mugeb Kunjungi Museum Loka Jaya Crana dan Taman Flora

Siswa kelas II SD Muhammadiyah 1 GKB (SD Mugeb) mengikuti kegiatan Field Trip ke Museum TNI Angkatan Laut Loka Jaya Crana dan Taman Flora, Surabaya, Selasa (19/11/19).

Koordinator Tematik Kelas Bawah (I-III), Muflichatur Rohmah SPd, menyatakan kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan siswa. “Agar siswa tidak bosan belajar di kelas dan untuk menambah wawasan mereka,” terang Icha, sapaannya.

Field trip ini, lanjutnya, bertema ‘Mengenal Bangun Datar dan Bangun Ruang serta Mengenal Aturan di Tempat Umum’. “Tema field trip ini sesuai dengan tema 4 yang sudah mereka pelajari. Lami ingin anak-anak bisa belajar di luar kelas agar pengetahuan yang mereka dapat lebih konkret,” papar wali kelas II-Makkah itu.

Di museum, siswa diperlihatkan berbagai senjata, seragam, peralatan dan penghargaan TNI Angkatan Laut. Para siswa terlihat antusias. “Wah, pelurunya besar banget,” ucap Muhammad Zaky, siswa kelas II-Arafah.

Tak hanya itu, siswa juga diajak masuk ke Planetarium. Mereka diperlihatkan macam-macam planet dan rasi bintang. Suasana semakin seru saat lampu dipadamkan hingga terlihat bintang. “Agak takut ustadzah, kan gelap, tapi bagus banget bisa lihat bintang,” kata Sabrina Rahadatul Aisy, siswa kelas II-Arafah.

Sementara itu, selama di Taman Flora, siswa diajak berkeliling sambil mengidentifikasi aturan yang terdapat di taman. Sebelum pulang, para siswa menyempatkan untuk mengamati hewan dan memberi makan rusa yang ada di area taman.

Adzra Adzkiyaa Qomarullah, siswa kelas II-Madinah mengaku senang dengan kegiatan ini. “Enak, bisa jalan-jalan, dapat ilmu juga, apalagi aku pertama kali ke museum, selama di bus sama teman-teman juga seru,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X