Siswa SD Mugeb Kampanyekan Hidup Rukun lewat Parade Tematik

Penampilan tari dan lagu dari perwakilan siswa kelas II

Siswa kelas II SD Muhammadiyah 1 GKB (SD Mugeb) menggelar Parade Tematik, Jumat (30/8/19).

Sejumlah 170 siswa kelas II berkeliling di lingkungan sekolah sambil menampilkan karya mereka dan disaksikan oleh siswa-siswa yang lain.

Parade Tematik ini merupakan bentuk penampilan dari materi Tema 1 “Hidup Rukun” yang telah mereka pelajari.

Semua muatan materi ditampilkan dalam parade tematik tersebut. Mulai dari poster yang mengampanyekan ajakan hidup rukun, poster berisi penerapan Pancasila, hasil kreasi dari bahan alam, hingga penampilan tari diiringi lagu Peramah dan Sopan dan Gembira Berkumpul.

“Parade ini bertujuan untuk menunjukkan hasil belajar mereka, agar ada yang ditampilkan. Selain itu juga untuk menambah informasi bagi siswa lain yang menyaksikan,” ujar Muflichatur Rohmah SPd, Koordinator Tematik kelas bawah (kelas I-III).

Siswa kelas II Makkah berpose dengan poster Hidup Rukun

Muatan materi kelas II, lanjutnya, ada materi tentang kalimat ajakan, penerapan Pancasila, hasil kreasi bahan alam, dan gerak tari dan lagu.

“Semua materi dikemas menjadi satu, dikolaborasikan, dan ditampilkan sebagai produk hasil belajar mereka,” terangnya.

Para siswa mengaku senang karena bisa menampilkan sesuatu sebagai bentuk hasil belajar mereka. “Ya seneng, aku sudah pakai baju adat, biar sesuai dengan tema kita. Kan temanya hidup rukun dengan teman yang berbeda agama dan suku,” ujar Sayyidah Fatimah Pembayun, siswa kelas II Madinah, sambil tersenyum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X