Jadi Guest Teacher, Begini Komikus Ini Ajari Siswa SD Mugeb Bikin Komik

Arfyan Hendra Pamungkas di depan siswa.

SD Muhammadiyah 1 GKB (SD Mugeb) Gresik mendatangkan narasumber seorang komikus dalam acara Guest Teacher, Jumat (13/9/19).

Bertema “Belajar Bercerita lewat Komik”, tim wali kelas V mengundang Arfyan Hendra Pamungkas, praktisi komik sekaligus ilustrator.

Arfyan mengajak para siswa berpraktik langsung menyusun komik sederhana. Pria asal Sidoarjo ini memberikan contoh langkah awal dengan membuat dua kolom pada whiteboard. Kolom sebelah kanan ditulis tokoh baik sedangkan di kolom kiri ditulis tokoh jahat, disertai dengan nama tokohnya.

Para siswa pun antusias mengikuti ajakan Arfyan dan segera mengerjakan di lembar kertas A4 yang telah dipegang masing-masing.

Langkah selanjutnya adalah menggambar kedua tokoh tersebut. Arfyan memberikan contoh tokoh si Bawang dan si Goreng.

Selanjutnya, Arfyan menyampaikan ke anak-anak bahwa mereka harus mengetahui latar belakang cerita dari dua tokoh tersebut yaitu asal-usul rumahnya, kelebihan dan kelemahannya, agar segera dibuat masalahnya apa, solusi atau penyelesaiannya bagaimana. Barulah dapat dikembangkan menjadi cerita komik.

“Membuat komik harus punya wawasan dulu. Harus kenal tokoh dan tahu cara bercerita. Yang disampaikan pun harus simpel. Karakter yang dibangun seperti apa juga harus direncanakan untuk menentukan tema komiknya,” ujarnya saat ditemui PWMU.CO seusai acara.

Arfyan mengaku kaget dengan respon dari anak-anak. “Aktif banget anak-anak di sini. Sampai bingung banyak yang tanya. Kalau lebih detail penjelasannya, bisa sehari,” katanya.

Satu-persatu siswa maju untuk bertanya. Ada pula yang malu-malu menunjukkan gambarnya. Di akhir acara beberapa siswa  bahkan ada yang minta tanda tangan pada alumnus Universitas Negeri Surabaya tersebut.

Kyla Putri Dwianto, siswa kelas V-Ahmad Dahlan, mengaku senang dengan tema guest teacher kali ini. “Bagus sekali acara ini, jadi bisa tahu cara membuat komik,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X