Buzz Wire Game Curi Perhatian Pengunjung Stan SD Mugeb di FSG 2019

Saat pengunjung memainkan Buzz Wire Game di stan SD Mugeb.

Permainan Buzz Wire yang disediakan stan SD Muhammadiyah 1 GKB (SD Mugeb) menarik perhatian pengunjung Festival Sains Gresik (FSG) 2019 di Wahana Edukasi Puspunegoro (WEP), Kamis-Jumat (15-16/8/19).

Buzz Wire Game adalah permainan yang terbuat dari dua kawat konduktor. Salah satu kawat dirangkai menjadi lintasan yang berkelok. Kawat ini dialiri arus DC dan dihubungkan dengan sensor suara. Sedangkan kawat yang lain dibentuk menjadi lingkaran kecil dan diberi pegangan.

“Cara mainnya cukup sederhana, kawat lingkaran ini harus dipindahkan melewati kawat lintasan sampai ujung, tanpa boleh menyentuh kawat lintasannya. Kalau tersentuh, nanti alat akan berbunyi. Kalau alat berbunyi maka gagal,” jelas Cahaya Raya Rahma Trisnawinata kepada pengunjung.

Permainan yang merupakan ide Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 1 GKB, Fony Libriastuti, cukup menarik pengunjung FSG. Hal ini terbukti stan SD Mugeb tak pernah sepi pengunjung.

“Semuanya antre, ingin mencoba permainan Buzz Ware ini,” ungkap Cahaya, siswi kelas VI-Abu Bakar itu.

Tidak hanya anak-anak, pengunjung dewasa juga penasaran ingin mencoba permainan ini, jelas Cahaya saat diwawancarai PWMU, Jumat (16/8/2019).

Pengunjung yang berhasil akan mendapatkan reward. Ada berbagai macam reward yang sudah disediakan SD Mugeb, antara lain pensil, bulpoin, coklat, dan snack.

Fony Libriastuti mengaku terinspirasi saat mengunjungi salah satu stan pameran di SOR Petrokimia beberapa pekan yang lalu.

“Waktu itu saya melihat salah satu stan yang menyediakan permainan serupa. Karena menurut saya menarik dan dapat melatih konsentrasi anak, maka saya punya ide untuk menyediakan permainan Buzz Ware ini saat FSG,” jelas Fony.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X